Tips Mengganti Batrai Jam Tangan CASIO


Kita keseringan kehabisan daya batrai jam kesayangan kita kebanyakan dari kita selalu malas untuk menggantinya atau mengantarkan ke tempat serviceberikut saya berikan tips2 untuk mengganti batrai dendiri langsung cek



alat-alat yang dibutuhkan adalah obeng kecil dan juga alat pembuka case. Kalau tidak punya alat buka casing, bisa pakai benda lain yang mirip.
1. Lepas Tali Jam
Untuk memudahkan, disarankan tali jam dilepas dahulu dengan cara menekan pin pengunci tali kearah dalam menggunakan obeng kecil. Sebelum itu, letakkan semacam kain tanpa bulu, atau benda apapun yang lembut di bawah arloji untuk mencegah kaca jam menjadi baret.
Catatan: Tahap melepas tali jam sebenarnya tidak harus dilakukan. Lepas tali jika mengalami kesulitan dalam membuka casing belakang.
cara mengganti batre jam tangan casio mq76



Gambar 1. Buka tali dengan menggeser pin pengunci ke arah dalam menggunakan obeng

2. Buka case / tutup belakang
Untuk membuka case belakang jam CASIO MQ24 atau MQ76 sangatlah mudah, namun banyak yang belum tahu caranya.
Yang harus Anda lakukan cukup congkel di bagian ujung tutup baterai yang ada sela-nya (lihat gambar dibawah).
cara mengganti baterai arloji casio mq24 original



Gambar 2. Congkel di sela-sela penutup baterai

Perhatian: Jangan menggunakan pisau dapur untuk mencongkel. Karena pisau dapur biasanya tipis dan mudah patah.

3. Ganti Baterai Jam
Setelah tutup belakang terbuka, ganti batre arloji dengan cara mencongkel / menggeser pengunci baterai seperti gambar dibawah. Hati-hati jangan sampai obeng mengenai kumparan atau benda yang berbentuk tabung karena hal tersebut bisa merusak mesin jam.
Catatan: Baterai untuk jam tangan CASIO tipe MQ24 & MQ76 adalah tipe SR626SW (biasanya buatan SONY). Anda tidak harus menggunakan baterai merk SONY, hanya saja pastikan tipenya sama (seri 626) dan batre tersebut adalah yang original, bukan KW.
cara bongkar ganti baterai alroji jam casio analog



Gambar 3. Geser bagian yang ditandai menggunakan obeng hingga baterai lepas.



Untuk memasang baterai jam yang baru tinggal lakukan langkah sebaliknya, yaitu geser pengunci baterai ke arah bawah > pasang baterai yang baru > pastikan baterai sudah dalam posisi yang pas.
Sebelum Anda memasang tutup belakang, perhatikan ada karet seal yang berguna untuk mencegah air masuk. Pastikan karet tersebut sudah pas pada posisinya, yaitu terletak di dalam alur seal atau semacam got / selokan dan tidak ada satu bagian karet pun yang berada diluar jalur.
Bila sudah, case belakang bisa ditutup dengan cara ditekan saja menggunakan tangan dan setelah itu tinggal pasang tali jam-nya.

Setelah selesai rapikan kembali peralatan anda langsung deh jalan jalan dengan jam kesanyangan anda, mudah mudahan bermanfaat ya guys

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengganti Batrai Jam Tangan CASIO"

Posting Komentar